Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Pengunjung

“uji Efektifitas Antiinflamasi Ekstrak Etanol Herba Semanggi Air (marsilea Crenata) Pada Udema Telapak Kaki Tikus Jantan Galur Wistar (rattus Norvegicus) E-Skripsi UMPP - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

“Uji Efektifitas Antiinflamasi Ekstrak Etanol Herba Semanggi Air (Marsilea crenata) Pada Udema Telapak Kaki Tikus Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus)

Pengarang : Siti Solekhah, Wirasti, Dwi Bagus Prambu

Kata Kunci   :Antiinflamasi, Ekstrak Herba Semanggi Air, Tikus putih jantan, Udema

Antiinflamasi ialah suatu respon biologis yang kompleks dari suatu jaringan vaskuler terhadap rangsangan berbahaya seperti iritasi, atau sel maupun jaringan yang rusak. Herba semanggi air (Marsilea crenata) diduga memiliki efek antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui efektifitas antiinflamasi pada tanaman ekstrak herba semanggi air. Metode yang digunakan yaitu pengukuran volume telapak kaki tikus yang telah diinduksi karagenan, dengan dosis ekstrak semanggi air yang diberikan yaitu 300 mg/kgBB, 400 mg/kgBB dan 600 mg/kgBB yang diberikan kepada 3 ekor tikus untuk setiap kelompok. Kontrol positif menggunakan Natrium diklofenak 25 mg diberikan kepada 3 ekor tikus dan kontrol negatif menggunakan larutan PGA 1% yang diberikan kepada 3 ekor tikus. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak etanol herba semanggi air memiliki efektifitas antiinflamasi dengan persen penghambatan inflamasi sebesar ± 0,036 pada dosis 600mg/kgBB. Data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian diuji statistic menggunakan uji Kruskal Wallis dengan mendapatkan hasil 0.018, dapat diartikan bahwa hasil kruskal wallis pada persen inhibisi mempunyai efektifitas antiinflamasi.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email admin@umpp.ac.id
Alamat Rektorat : Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia