Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Pengunjung

Penerapan Terapi Cerita Bergambar Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Ruang Flamboyan Rsi Pku Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan E-Skripsi UMPP - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Penerapan Terapi Cerita Bergambar Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi di Ruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Pengarang : Nur Aeni, Siti Rofiqoh

Kata Kunci   :kecemasan, hospitalisasi, terapi cerita bergambar

PENERAPAN TERAPI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG FLAMBOYAN RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN Nur Aeni, Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Abstrak Kecemasan merupakan suatu perasaan yang berlebihan seperti ketakutan, kegelisahan, dan kekhawatiran terhadap ancaman yang akan datang serta kondisi yang sedang dialami. Perasaan cemas sering muncul pada anak usia prasekolah saat menjalani hospitalisasi. Tujuan dari studi kasus ini adalah menggambarkan penerapan terapi cerita bergambar pada anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Metode penyusunan karya tulis ini adalah studi kasus. Subyek studi kasus ini yaitu dua pasien anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi dengan fokus intervensi penerapan terapi cerita bergambar. Alat ukur kecemasan yang digunakan yaitu Face Anxiety Scale (FAS). Tindakan dilakukan tiga kali selama tiga hari perawatan. Hasil studi kasus ini menunjukan adanya penurunan skor FAS pada kedua kasus. Kesimpulan dari studi kasus ini yaitu terapi cerita bergambar dapat menurunkan kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi petugas kesehatan untuk dapat memberikan terapi cerita bergambar sebagai salah satu intervensi untuk mengurangi kecemasan akibat hospitalisasi. Kata kunci : kecemasan, hospitalsasi, terapi cerita bergambar THE APPLICATION OF PICTORIAL STORYTELLING THERAPY AMONG PRESCHOOL CHILDREN WHO EXPERIED HOSPITALIZATION-RELATED ANXIETY IN THE FLAMBOYAN WARD RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN Nur Aeni, Siti Rofiqoh The Vocational Program in Nursing, Faculty of Health Science, University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Abstract Anxiety is an excessive feeling such as fear, anxiety, and worry about the perceived threat and the recent condition. Anxiety often experienced among hospitalized preschool children. The purpose of this study is to describe the application of pictorial storytelling therapy to preschool children who experience hospitalization-related anxiety. A case study design was used as the study method. The subjects of this study were two preschool children patients who experienced hospitalization-related anxiety. The pictorial storytelling therapy was implemented as the intervention of the study. The anxiety level was measured using the Face anxiety Scale (FAS). The intervention is carried out once a day during the three days of treatment. The pictorial storytelling therapy can reduce hospitalization-related anxiety in preschool children. Suggestions for healthcare providers to be able to serve pictorial storytelling therapy as an intervention to reduce hospitalization-related anxiety among preschool children patients. Keyword: anxiety, hospitalization, pictorial storytelling therapy


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email admin@umpp.ac.id
Alamat Rektorat : Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia