Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Tingkat Kepuasan Paisen Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Asuransi Bpjs Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsud Kraton Kabupaten Pekalongan Tahun 2019 E-Skripsi UMPP - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Tingkat Kepuasan Paisen Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Asuransi BPJS Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan Tahun 2019

Pengarang : Tata Dwi Paramita, Ainun Muthoharoh, M.farm.,apt, Aida Rusmaria

Kata Kunci   :BPJS, Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat (PIO)

Kepuasan merupakan penilaian pasien setelah menggunakan pelayanan kesehatan, kemudian membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Salah satu pekerjaan kefarmasian yang harus dilakukan oleh apoteker adalah pelayanan informasi obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada pasien asuransi BPJS di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif non probability sampling dengan cara sampling insidental. Sampel penelitian sebanyak 83 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Kriteria inklusi pada penelitian ini yaitu pasien baru dan pasien lama (diatas 1 tahun) yang menggunakan asuransi bpjs, berumur minimal 18 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan dan bersedia menjadi responden, pasien baru saja menerima obat, pelayanan informasi obat dilakukan oleh apoteker. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan hampir setengah 38 responden (45,8%) cukup puas terhadap dimensi reliability (kehandalan), sebagian besar 46 responden (55,4%) puas terhadap dimensi responsiveness (ketanggapan), hampir seluruh 64 responden (77,1%) puas terhadap dimensi assurance (jaminan), hampir seluruh 67 responden (80,7%) puas terhadap dimensi emphaty (empati), dan sebagian besar 50 responden (60,2%) puas terhadap dimensi tangible (bukti langsung). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagian besar 50 responden (60,2%) puas terhadap pelayanan informasi obat. Pelayanan informasi obat harus ditingkatkan dalam rangka untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email admin@umpp.ac.id
Alamat Rektorat : Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia