Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Uji Toksisitas Partisi N-heksana, Partisi Metanol Dan Ekstrak Herba Benalu Mangga (dendrophthoe Pentandra L.) Sebagai Skrining Awal Anti Kanker Dengan Metode Bslt (brine Shrimp Lethality Test) E-Skripsi UMPP - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

UJI TOKSISITAS PARTISI n-HEKSANA, PARTISI METANOL DAN EKSTRAK HERBA BENALU MANGGA (Dendrophthoe Pentandra L.) SEBAGAI SKRINING AWAL ANTI KANKER DENGAN METODE BSLT (Brine Shrimp Lethality Test)

Pengarang : Nadhifatul Ulya, Wirasti, Herni Reje

Kata Kunci   :Benalu mangga,Ekstrak, Partisi, Larva udang, Kematian.

Benalu mangga (Dendropthoe Pentandra L.) merupakan salah satu benalu yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai antikanker.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi toksisitas pada partisi n-heksana, partisi metanol dan ekstrak herba benalu mangga menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Metode penelitian ini adalah eksperimental post test-only control group design. Data diperoleh dari menghitung jumlah larva yang mati selama 24 jam setelah perlakuan. Analisis data menggunakan metode analisis probit untuk memperoleh nilai LC50 dan uji statistik one way ANOVA. Hasil penelitian uji toksisitas partisi n-heksana, partisi metanol dan ekstrak herba benalu mangga menunjukkan toksisitas terhadap larva Artemia salina Leach dengan nilai LC50<1000 µg/mL.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email admin@umpp.ac.id
Alamat Rektorat : Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia