Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Uji Efektivitas Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (averhhoa Bilimbi Linn.) Sebagai Insektisida Alami Terhadap Nimfa Wereng Batang Cokelat (nilaparvata Lugens Stal.) E-Skripsi Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Averhhoa bilimbi Linn.) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI TERHADAP NIMFA WERENG BATANG COKELAT (Nilaparvata lugens Stal.)

Pengarang : Urip Setya Rini, Wirasti, Emi Nurlae

Kata Kunci   :Ekstrak, Daun Belimbing Wuluh, insektisida alami, nimfa wereng, LC50.

Padi merupakan salah satu komoditas yang paling vital bagi masyarakat Indonesia. Namun keberhasilan panen tanaman tersebut sangat dipengaruhi oleh berbagai fakotr diantaranya adanya gangguang hama. Biasanya petani menggunakan insektisida sintetik karena bekerja lebih cepat dan ampuh untuk membasmi hama. Namun cara tersebut masih memiliki kekurangan seperti menyebabkan kerusakan lingkungan, toksik terhadap organisme bukan sasaran dan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan potensi efektivitas ekstrak daun belimbing wuluh sebagai insektisida alami terhadap nimfa wereng batang cokelat (Nilaparvata lugens Stal.). Metode penelitian ini adalah eksperimental post test only control group design. Digunakan 180 ekor nimfa Nilaparvata lugens Stal. instar III yang dibagi dalam 5 kelompok dengan 3 kali replikasi. Ekstrak daun belimbing wuluh dengan konsentrasi 20, 40, 60, 80 , dan 100 mg/mL menyebabkan kematian nimfa secara berurutan dengan nilai LC 0,27 ± 0,06; 0,47 ± 0,06; 0,70 ± 0,00; 0,77 ± 0,06 dan 0,97 ± 0,06. Data yang diperoleh dengan menghitung jumlah nimfa yang mati selama 24 jam setelah perlakuan. Analisis data dilakukan menggunakan Persamaan regresi linier dilanjutkan dengan menghitung nilai LC50. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun belimbing wuluh memiliki pengaruh sebagai insektisida alami terhadap nimfa wereng batang cokelat dengan nilai mortalitas LC50 yang diperoleh sebesar 49,11 mg/ml, dimana suatu ekstrak dikatakan efektif untuk dijadikan insekisida nabati jika LC50 ≤ 25% atau 250 mg/ml.


Properti Nilai Properti
Organisasi STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email stikespkj@yahoo.co.id
Alamat Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2019
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia