Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Perbedaan Perkembangan Mental Emosional Antara Anak Yang Pernah Ikut Dengan Yang Tidak Pernah Ikut Paud Non Formal Pada Anak Kelas 1 Sd Di Sd Negeri Rengas Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan E-Skripsi Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Perbedaan perkembangan mental emosional antara anak yang pernah ikut dengan yang tidak pernah ikut PAUD non formal pada anak kelas 1 SD di SD Negeri Rengas Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Pengarang : Novia Arum Aidasamsi, Aida Rusmariana

Kata Kunci   :KMME, Mental emosional dan PAUD

Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Juli, 2019 ABSTRAK Novia Arum Aidasamsi1, Aida Rusmariana2 Perbedaan Perkembangan Mental Emosional antara Anak yang Pernah Ikut dengan yang Tidak Pernah Ikut PAUD Non Formal pada Anak Kelas 1 SD di SD Negeri Rengas Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Perkembangan mental emosional anak tidak selamanya stabil. Prevalensi gangguan mental emosional pada anak cukup tinggi. Masalah mental emosional yang tidak diselesaikan, akan memberi dampak negatif terhadap perkembangan anak. Pendidikan yang diberikan sejak usia dini akan mempengaruhi perkembangan anak, yang meliputi perkembangan kognitif, bahasa, motorik, emosi, dan perkembangan perilaku ketika berinteraksi di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan mental emosional antara anak yang pernah ikut dengan yang tidak pernah ikut PAUD non formal pada anak kelas 1 SD di SD Negeri Rengas Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain Non-Eksperimen: comparative study. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak kelas 1 SD yang pernah ikut dan yang tidak pernah ikut PAUD non formal, masing-masing sampel berjumlah 30 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner KMME. Hasil uji chi square diperoleh nilai ρ value 0,034 < α (0,05), sehingga ada perbedaan signifikan perkembangan mental emosional anak kelas 1 SD yang pernah ikut dengan yang tidak pernah ikut PAUD non formal. Orang tua diharapkan mengikutsertakan anak ke PAUD non formal (playgroup) sebelum masuk ke pendidikan formal (TK) karena dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan mental emosional. Kata Kunci : KMME, Mental Emosional, PAUD Daftar Pustaka : 14 buku (2009-2017), 9 jurnal


Properti Nilai Properti
Organisasi STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email stikespkj@yahoo.co.id
Alamat Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2019
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia