Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Uji Aktivitas Appitutte Fraksi N-heksan Dan Metanol Ekstrak Daun Brotowali (tinospora Crispa Linn.) Terhadap Berat Badan Tikus Putih Betina Galur Wistar (rattus Norvegicus) E-Skripsi Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Uji Aktivitas Appitutte Fraksi n-Heksan dan Metanol Ekstrak Daun Brotowali (Tinospora crispa Linn.) Terhadap Berat Badan Tikus Putih Betina Galur Wistar (Rattus norvegicus)

Pengarang : Toni Priyanto, Slamet, Mokhamad Arif

Kata Kunci   :Brotowali, berat badan, partisi, tikus putih betina galur wistar (Rattus norvegicus).

Brotowali (Tinospora crispa Linn) adalah salah satu tanaman obat di Indonesia yang telah digunakan masyarakat sebagai obat. Pada penelitian yang telah dilakukan yaitu infusa batang brotowali dapat meningkatkan nafsu makan dan berat badan pada tikus putih. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas fraksi n-Heksan dan metanol ekstrak daun brotowali (Tinospora crispa Linn.) terhadap peningkatan berat badan tikus putih betina galur wistar (Rattus norvegicus). Metode penelitian ini yaitu eksperimental dengan menggunakan 42 ekor tikus putih betina galur wistar yang dibagi dalam 5 kelompok dan dilakukan 5 replikasi. Sebagai bahan uji adalah ekstrak daun brotowali yang telah di partisi dengan n-Heksan dan metanol. Konsentrasi yang diberikan yaitu 80 mg, 100 mg dan 120 mg, sebagai kontrol di gunakan kurkumin. Data diperoleh dengan menghitung berat badan setiap 5 hari selama 20 hari. Analisis data menggunakan uji ANOVA satu arah dilanjutkan dengan uji Tukey dan analisis menggunakan program komputer.


Properti Nilai Properti
Organisasi STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email stikespkj@yahoo.co.id
Alamat Jl. Raya Ambokembang No. 8 Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 785179
Fax (0285) 785555
Tahun 2019
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia